Agar Cepat Hamil Menurut Pakar Kehamilan

Jumat, 17 Maret 2017

Cara Menghitung Kalender Masa Subur Supaya Cepat Hamil

Bagi para pasangan muda yang ingin cepat mendapatkan momongan, mengetahui masa subur istri adalah salah satu penentu kehamilan yang utama. Ada siklus dimana sel telur matang pada posisi yang siap dibuahi, sehingga dengan demikian jika ada sel sperma yang mencapai telur, maka akan terjadi fusi antara keduanya yang menyebabkan terjadi kehamilan.

Namun sayang belum banyak wanita yang mengetahui siklus masa subur ini, maka dari itu Anda harus belajar bagaimana mengetahui dan menghitung masa subur Anda. Siklus haid sangat berhubungan erat dengan masa subur seorang wanita, pada umumnya siklus menstruasi berkisar antara 28 hingga 32 hari, namun ada beberapa wanita yang siklusnya lebih singkat atau lebih lama.

Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur?

menghitung masa subur
Kalender Masa Subur
Menurut wesbsite kesehatan WebMD, untuk siklus pada umumnya yaitu 28 hari, hari pertama dihitung ketika darah keluar untuk pertama kalinya. Pada hari kedua sampai hari ke-14 sel telur mulai aktif di ovarium. Dan di hari ke-14 inilah sel telur yang sudah matang dikeluarkan dan siap dibuahi atau sering disebut dengan ovulasi.

Namun demikian siklus ovulasi tidak selalu pada hari ke-14 karena setiap wanita memiliki siklus yang berbeda, yaitu bisa saja pada hari ke-11 hingga hari ke-21 tergantung siklus menstruasinya. Kemudian setelah melepaskan sel telur, folikel yang terdapat pada sel telur akan memproduksi progresteron yang berfungsi untuk menebalkan uterus serta mempersiapkan implantasi. Implantasi merupakan tempat dimana sel telur yang telah dibuahi melekat.

Jadi dapat ditarik kesimpulan, seorang wanita yang memiliki siklus menstruasi 28 hari, maka ovulasi terjadi pada hari ke-14. Untuk mengetahui berapa lama siklus menstruari Anda, maka perlu dicatat hari pertama menstruasi selama setidaknya 3 bulan untuk memastikan berapa hari siklus menstruasi Anda. Setelah itu baca tips cara cepat hamil lainnya.
Facebook Twitter Google+